Bekerja dengan Senyum, Ikhlas dan Cinta Mannamamo Lowbatt
SELAMAT atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Produksi "Lipa' Sikoi" Teater Titik Dua UKM Seni UNM di ajang FESTAMASIO VI Surabaya. Penyaji Terbaik, Penata Bunyi Terbaik, Penata Cahaya Terbaik dan Nominasi Penata Artistik

Rabu, 23 Januari 2013

Profil Singkat UKM Seni UNM


Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Universitas Negeri Makassar (UKM Seni UNM) adalah lembaga kemahasiswaan dalam lingkup Universitas Negeri Makassar yang bergerak dalam bidang kesenian dan kebudayaan. UKM Seni UNM adalah salah satu kantong budaya seni Khususnya kebudayaan yang ada di Sulawesi-Selatan dan juga sekaligus wadah khusus kepada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang ingin mengembangkan bakat dan minat dalam berkesenian dan sebagai pelestari budaya.

UKM Seni UNM berdiri pada tanggal 6 April 1992. pada saat itu Sekertariat UKM Seni UNM (Salassa’) masih berada di kampus I UNM, yaitu di Kampus Gunung sari. Setelah tahun 1997, atas kebijakan Pimpinan Universitas, maka seluruh lembaga Kemahasiswaan di tingkat Universitas akan di relokasi ke Kampus II UNM Parang-tambung. Pada tahun 2009 UKM Seni UNM kembali direlokasi ke Kampus I, Gedung
Rektorat Lama, Lantai 1, Gunung Sari atas keputusan birokrasi dengan alasan ingin merenovasi Gedung PKM di kampus II Parang Tambung. Namun sampai saat ini renovasi gedung PKM belum terealisasi. Sekretariat UKM Seni UNM Sering juga disebut Salassa’ yang dalam bahasa Bugis berarti tempat berkumpul.


Dalam merekrut Anggota baru, UKM Seni UNM menggunakan istilah PSP (pelatihan seni dan perekrutan Anggota baru). PSP pertama dilaksanakan tahun 1996. sampai saat ini. Sebelum adanya PSP, Perekrutan anggota dilakukan dengan bekerja sama kepada semua Fakultas yang ada di UNM. Setiap fakultas mengirimkan beberapa orang utusannya untuk menjadi Anggota UKM Seni UNM.


Dalam kinerja organisasi dan berkesenian, UKM Seni UNM kembali menerapkan konsep Divisi yang mana pada beberapa periode sebelumnya menerapkan konsep bidang dan tangkai seni.

Divisi dalam kepengurusan adalah tim kerja yang diharapkan mampu mengakomodir segala keperluan dan kerja-kerja organisasi dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam pelaksanaannya, divisi yang mengurusi segala fasilitas dan barang Inventaris, mengurusi pengembangan potensi para anggota melalui berbagai kegiatan, menghasilkan produk dan karya organisasi, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik dari dalam maupun luar organisasi, memperkuat eksistensi organisasi baik sebagai lembaga kemahasiswaan maupun sebagai lembaga kesenian dan kebudayaan dan tetap berkoordinasi dengan pengurus inti. Adapun divisi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Divisi Musik - Walasuji
Divisi Teater - Titik Dua
Divisi Tari - Bunga Eja
Divisi Sastra - Serat Sastra
Divisi Rupa & Media - Singara' Bulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar